0

Dzikir Merupakan Ibadah Hati Dan Lisan

Minggu, 01 April 2012
Share this Article on :
Dzikir merupakan ibadah hati dan lisan, yang tidak mengenal batasan waktu. Bahkan Allah menyifati ulil albab, adalah mereka-mereka yang senantiasa menyebut Rabnya, baik dalam keadaan berdiri, duduk bahkan juga berbaring. Oleh karenanya dzikir bukan hanya ibadah yang bersifat lisaniah, namun juga qolbiah. Imam Nawawi menyatakan bahwa yang afdhal adalah dilakukan bersamaan di lisan dan di hati. Sekiranyapun harus salah satunya, maka dzikir hatilah yang lebih afdhal. Meskipun demikian, menghadirkan maknanya dalam hati, memahami maksudnya merupakan suatu hal yang harus diupayakan dalam dzikir.:
Imam Nawawi menyatakan

????????? ???? ????????? ???????? ????????? ? ???????????? ???? ???????? ???? ?????????? ?????????? ?????????? ????? ???????????? ? ????????????? ??? ?????????? ? ????????????? ?????????..

"Yang dimaksud dengan dzikir adalah menghadirkan hati. Seyogyanya hal ini menjadi tujuan dzikir, hingga seseorang berusaha merealisasikannya dengan mentadaburi apa yang didzikirkan dan memahmi makna yang dikandungnya.."

Dari sinilah muncul perbedaan pendapat mengenai dzikir dengan suara keras, atau dengan suara pelan. Masing-masing dari kedua pendapat ini memiliki dalil yang kuat. Dan cukuplah untuk menegahi hal ini, firman Allah dalam sebuah ayat:

???? ???????? ????? ???? ???????? ??????????? ?????? ??? ????????? ?????? ???????????? ?????????? ????? ???????? ??????????? ????? ????????? ????? ????????? ?????? ?????? ?????????

"Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu" (Al-Isra', 17:110)

Meskipun teks ayat di atas dimaksudkan pada bacaan shalat, namun ada juga riwayat lain yang menunjukkan bahwa dzikir dan doa juga termasuk yang dimaksudkannya juga.

??? ??? ????: ????? ????? ????? ??? ???? ?? ???? ?? ????? ?? ???? ?? ????? ???: ???? ?? ??? ??? ??? ??? ??? ???? ??? ???? ??? ??? ??? ???? ???? ???? ???? ??? ?? ???? ???? ??? ????? ??? ?? ??? ??? ??? ????? ???? ?????. ???? ???? ?? ???? ???? ??? ???? ??????? ????? ??????? ??? ????? ???? ???? "??? ???? ?????? ??? ????? ??? ????? ??? ??? ?????" ??? ???? ??? ???? ???? ???? ???? ???? ????

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ibnu Sirin, "bahwa Abu Bakar senantiasa mengecilkan suaranya dalam shalat, sedangkan Umar mengeraskan suaranya. Hingga suatu ketika Abu Bakar ditanya mengenai pelannya suara, beliau menjawab, "Aku bermunajat kepada Rabku, dan Allah telah mengetahui keperluanku." Sementara Umar menjawab, "Aku mengeraskannya untuk mengusir syaitan dan menghancurkan berhala." Maka tatkala turun ayat ini, dikatakan kepada Abu Bakar agar mengeraskan sedikit suaranya dan kepada Umar agar dikecilkan sedikit suaranya."

??????? ???????? ???? ??????? ???? ?????????? ???? ????? ????????: ???????? ??? ?????????? ????????? ????? ???????????? ????????? ???? ??????? ???? ???????? ???? ????????? ???? ????????? ?????? ????? ??????? ???????? ???????? ??? ??????????

�Asy�ast berkata dari Ikrimah dari ibnu Abbas, bahwa ayat ini turun pada permasalahan doa. Demikian juga Imam Sufyan al-Tsauri dan Malik meriwyatkan dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari Aisyah ra, bahwa ayat ini turun pada permasalahan doa.�

Dan doa merupakan bagian dari dzikir. Kemudian terlepas dari "jahr" dan "sir", yang paling penting adalah bagaimana hati dan lisan tidak pernah kering dari dzikrullah.

Sumber : http://www.eramuslim.com/syariah/tafsir-hadits/keutamaan-dzikir.htm


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar