0

Cara Mudah Gratis Membuat Forum Tanya Jawab di Blog

Kamis, 13 Desember 2012
Share this Article on :
Cara Mudah Gratis Membuat Forum Tanya Jawab di Blog - Sebuah forum di blog sangat berguna untuk  Pembaca Anda berinteraksi satu sama lain, membuat topik baru / diskusi dan beberapa dari mereka bahkan memoderasi forum bersama dengan Anda.
Saya menulis artikel ini karena baru saja ada yang bertanya cara membuat forum tanya jawab di sebuah blog. Dan akhirnya saya menulis artikel ini dengan lengkap semoga bermanfaat.


Cara membuat forum ini sangatlah gampang / mudah dan gratisan, Namun dalam gratis Blogger / BlogSpot blog, Anda tidak diizinkan untuk membuat sub-domain atau bahkan sebuah direktori baru (folder online). Jadi anda forum tampaknya tidak mungkin, tapi sekarang tidak lagi. Sebelum Anda membaca lebih lanjut, lihat ini contoh dibawah ini:

  

Halaman (statis) sederhana pada blog Blogger normal, dikonversi ke Forum.

Jadi penasaran kan cara membuat forum seperti link diatas, mari kita peraktekan...!!


LANGKAH # 1:Membuat dan mempublikasikan halaman statis baru di blog Anda, khusus untuk forum. Sebagai contoh, forum yang saya buat halaman di sini:

   http://bikarscreativ.blogspot.com/2012/12/bikarscreativ-tanya-jawab.html



LANGKAH # 2:Membuat forum baru di Nabble: Forum gratis di Nabble [Anda akan melakukan hal ini dalam waktu 5 menit]Setelah mendaftar dan memverifikasikan alamat email kamu dan LOG IN dengan email dan password yang kamu buat tadi, Lalu kamu buka Kode forum yang telah kamu dapatkan dari NABBLE tersebut dan copypaste ditempat yang aman, terserah kamu mau simpan dimana.


Untuk mendapatkan link ke kode nabble yang kamu buat tadi, kamu harus membuat entri terbaru isinya hanya dengan memasukan kode dari NABBLE tadi ke HTML posting baru kamu. dan simpan lalu publikasikan.

Setelah selesai cara diatas coba buka link yang telah kamu buat, pasti akan tampil sebuah forum yang telah kamu buat tadi tetapi masih amburadul karena masih bercampur dengan widget yang lain,,lanjutkan dengan cara dibawah ini.

LANGKAH # 3:Pergi ke Blogger Dashboard -> Desain -> Edit HTML dan tanda centang kotak "Expand Widget Tempaltes". 

LANGKAH # 4:Cari (CTRL + F) kode ini, dalam template Anda:

 <div id='content-wrapper'>

Jika Anda tidak dapat menemukan kode yang disebutkan di atas, kemudian menemukan (CTRL + F) yang satu ini (untuk template baru dibuat untuk Designer Template Blogger)Jika Anda tidak dapat menemukan kode yang disebutkan di atas, kemudian menemukan (CTRL + F) yang satu ini (untuk template baru dibuat untuk Designer Template Blogger)
  

 <div class='columns fauxcolumns'>

 Dan segera ATAS / SEBELUM kode diatas, paste kode yang Anda dapatkan dari Nabble, dengan kode TAMBAHAN (Disorot di biru danmerah):

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://bikarscreativ.blogspot.com/2012/12/bikarscreativ-tanya-jawab.html&quot;'>
   Pastekan kode dari nabble disini
    </b:if>


CATATAN (Penting): Ganti kode di MERAH, dengan link ke halaman-forum Anda. 

LANGKAH # 5:Simpan temaplate Anda. 

LANGKAH # 6:Langkah ini akan SEMBUNYIKAN segala sesuatu dari blog Anda (isi posting, sidebar widget dll) dan HANYA forum akan terlihat di forum-halaman Anda.


Cari kode ini dalam template Anda:

  </head>


 Dan segera ATAS / SEBELUM kode diatas paste kode ini:


<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://bikarscreativ.blogspot.com/2012/12/cara-mudah-gratis-membuat-forum-tanya.html&quot;'>
<style type='text/css'>
#content-wrapper {
display:none !important;
}
.columns, .fauxcolumns {
display:none !important;
}
</style>
</b:if>

CATATAN (Penting): Ganti kode di MERAH, dengan link ke halaman-forum Anda.MUDAH bukan, sebuah forum baru di blog Anda sudah siap.Sekarang, Undang pembaca Anda dan teman-teman untuk bergabung dengan Anda di forum Anda. selamat mencoba.........!!


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar