0

Cara Men-Disable Autorun Pada USB

Minggu, 30 Desember 2012
Share this Article on :
Apakah kalian tahu tentang Autorun
Autorun adalah sistem file yang dimiliki oleh windows untuk menjalankan sebuah program secara otomatis ketika removable media seperti CD-ROM, Flashdisk, atau USB lainnya. 

Apakah itu autorun.inf?
Banyak orang-orang yang menyatakan bahwa autorun.inf itu adalah virus. Tetapi sebenarnya autorun.inf adalah sebuah file yang dimiliki oleh windows untuk menjalankan sistem Autorun yang saya jelaskan sebelumnya diatas yang berfungsi untuk menjalankan program secara otomatis. Jadi jangan kalian anggap semua autorun.inf itu adalah sebuah Virus yang dapat merusak kinerja komputer kalian.

autorun.inf bisa dikatakan pintu masuk sebuah virus untuk menginfeksi komputer kalian. Jika kalian sering pergi ke rental komputer, warnet, atau sejenisnya yang didalamnya terdapat virus komputer seperti worm, trojan, sality dan sejenisnya dan kalianpun memasukan removable media kalian seperti flashdisk ke salahsatu komputer rental atau warnet, removable media kalian pasti akan terinfeksi virus yang akan berjalan ketika removable itu dimasukan dikomputer lainnya secara otomatis melalui autorun.inf

Bagaimana cara mencegahnya?

Banyak cara yang dapat menghentikan aktifitas virus masuk ke removable media kalian salahsatunya melalui gpedit.msc. Kenapa menggunakan gpedit.msc? Karena gpedit.msc adalah program bawaan windows, kalian tidak perlu mendownload aplikasi atau sejenisnya diinternet.

Berikut langkah-langkah men-disable Autorun Pada USB :

1. Klik tombol Start Run lalu ketikan gpedit.msc lalu OK atau Enter
2. Setelah Grup Policy muncul, pada user configuration, Pilih Administrative Template - System.
3. Klik 2x Pada Turn Off Autoplay.

cara mendisable autorun dengan mudah

4. Setelah itu, pilihlah Option Enable dan pada Turn Off AutoPlay on : pilihlah All Drives lalu OK.


5. Selesai.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar