0

Cara Merawat Serta Melatih Kucing

Rabu, 29 Juni 2011
Share this Article on :
Bagaimana cara dan tips untuk melatih Kucing? Nah kali ini saya akan posting tentang cara merawat serta melatih kucing. Mungkin para pembaca masih ada yang bingung gimana sih caranya merawart kucing yang benar. Disinilah kalian bisa mendapatkan sedikit info yang mungkin bermanfaat. Tidak usah panjang lebar lagi, langsung aja kita masuk ke topik kita.





Melatih dan merawat kucing bukan hal yang mudah, tidak seperti anjing, kucing lebih sulit dimengerti dan susah mengerti, haha. Tapi ada beberapa trik untuk melatih dan merawat kucing.

1. Melatih kucing untuk buang air / PUP di cat litter
Ketika si kucing sudah mulai mengendus-ngendus pinggiran ruangan, atau kaki depan si kucing sudah mulai menggaruk-garuk lantai, atau karpet, bearti tandanya si kucing ingin buang air atau pup. Nah, perhatikan gerak gerik si kucing ini, apabila setelah menggaruk-garuk dia langsung pasang posisi duduk, langsung angkat si kucing dan masukan dia ke cat litter. Otomatis si kucing bekalan marah, dia pikir anda menggangu aktifitas dia, lakukan hal ini terus sampai si kucing pasrah dan buang air / pup di cat litter tersebut.
Lakukan trik ini berulang-ulang kali setiap si kucing mau buang air / pup, nanti pada akhirnya, si kucing mengerti bahwa cat litter adalah sebagai toilet si kucing.


2. Melatih si kucing dengan nama
Lakukan trik / latihan ini apabila si kucing belum makan dan sedang lapar, karena ini akan menjadi trik yang efektif. Panggil nama si kucing sambil menggoyang-goyang tempat makannya, sehingga ia mendengar bunyi makanannya. Jangan panggil dia dari jarak dekat, usahakan panggil nama si kucing dari jarak 5-10 meter.
Lakukan berulang-ulang kali, dan berikan si kucing makanannya ketika ia datang menghampiri anda sebagai hadiah! jadi lain kali si kucing akan nurut apabila di panggil namanya.

3. Merawat kucing dengan memperhatikan kondisinya secara rutin.
Salah satu poin utama dalam merawat kucing adalah mengetahui kapan mereka sakit. Yaitu dengan melihat tanda-tanda kucing yang sakit. Tanda-tanda ini sama untuk kucing apapun seperti kucing persia,kucing anggora atau jenis kucing lainnya dan juga sama rata baik itu kucing muda atau kucing yang tua.

Ciri-cirinya yaitu:

1. Kelelahan dan lesu
2. Menggelengkan kepala secara berlebihan
3. Selera menurun ataupun bahkan meningkat secara mencolok
4. Juga mengkonsumsi air secara berlebihan
5. Adanya cairan abnormal yang keluar dari lubang-lubang di tubuh contohlah mata kucing, hidung, telinga
6. Sulit membuang kotoran
7. Berat badan dapat naik ataupun menurun dengan mencolok
8. Menjadi lebih agresif dan hiperaktif
9. Berjalan pincang, bahkan sulit untuk berdiri
10. Ada bagian-bagian tubuh kucing yang membengkak

4. Merawat kucing dengan memperhatikan makanannya

Dalam merawat kucing kesayangan kita. Makanan adalah faktor utama supaya si kucing sanggup hidup. Menagapa? lha wong kita sebagai manusia aja butuh makan apalagi si manis. Wajib

Lalu bagaimana sih kriteria makanan kucing yang bagus :

- Pertama adalah gizi. Ingat ya bedakan gizi untuk kucing dan manusia.
- Kasar makanan. Apakah akan mengganngu mulutnya kucing atau tidak
- Pastikan tidak mengandung kotoran

Lalu apa lagi. susu. Kucing sangat menyukai nih minuman dan sangat membutuhkannya apalagi jika dia masih kecil. Tapi ingat bedakan juga susu kucing dan manusia. Jika anda salah memberi susu kucing dengan susu manusia bisa-bisa malah sakit perut. Kalaupun tidak punya susu khusus kucing Ya baca susu manusia anda dan lihat mengandung banyak asam atau tidak. Dan jangan lupa jika punya uang lebih. Beri makanan khusus kucing di toko-toko. Ya mahal dikit asal si kucing bahagia ya. Mengapa tidak? Dan jika anda ingin lebih exstrim lagi. Belikan ayam, ikan, kambing atau apapun juga yang dia inginkan walau anda sehari-hari hanya makan nasi sama garam. Hahahaha.

Ada beberapa standart tempat merawat kucing yakni kandang yang harus di penuhi. Apapun jenis kucing nya harus mematuhi aturan-aturan ini. Bukannya ingin mengkengkang anda, tapi demi kebaikan si kucing itu sendiri.

5. Merawat kucing dengan memilih kandang
Selain makanan, merawat kucing juga harus memperhatikan kandangnya. Ada beberapa fasilitas khusus yang mungkin harus ada di kandang kucing. Berlebihan kali yaa saya hehe.

Jadi ini yang harus ada pada kandang kucing:

1. Harus ada tempat tidur yang nyaman
2. Juga anda wajib menyediakan tempat makanan
3. Ada tempat pasirnya
4. Ha kucing lainnya adalah kucing harus mempunyai tempat minum dengan air yang bersih tentunya
5. Kandang harus dibuat cukup supaya kucing dapat bergerak di dalam kandang.
6. Suhu didalam kandang harus diantara 10 C sampai 35 C. Jangan diluar kisaran itu. Ini untuk menghindari

kucing-kucing yang tidak sanggup dengan keadaan itu.
Nah enam diatas adalah sesuatu yang harus ada di dalam kandang kucing.
Cuma itu yang bisa saya jelaskan, jika belum puas tunggu saja postingan saya yang kedua nanti :D


Jangan lupa komentarnya ya pembaca :)


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar